Senin, 23 Juli 2012

AWAS, PUASA KITA BISA SIA-SIA

Bulan Ramadhan 1434 sudah tiba. Umat muslim di seluruh dunia menyambut bulan suci ini dengan suka cita, meskipun ada perbedaan tentang penetapan awal puasa.
Bulan Ramadhan adalah bulan berkah, karena pada bulan ini amalan-amalan baik dilipatgandakan pahalanya. Orang-orang Islam berlomba-lomba untuk memperbanyak amalan, seperti sholat-sholat sunah, tadarus Alquran, bersedekah, mengikuti kajian, dan lain-lain.
Tapi yang paling penting adalah menjaga puasa itu sendiri. Apalah artinya kita melakukan amalan yang banyak mendatangkan pahala, tapi puasa kita rusak sehingga pahala puasa kita musnah. Kalau hanya menahan lapar dan haus saja itu mudah dilakukan, tapi ada hal-hal yang bisa menghilangkan pahala puasa, yaitu :
- Ghibah (ngrasani/menggunjing/membicarakan kejelekan orang lain)
- Namimah (mengadu domba orang lain)
- Berbohong
- Sumpah palsu
- Melihat lawan jenis dengan syahwat (nafsu).
Kalau kita bisa meninggalkan kelima hal di atas, insya Allah puasa kita akan sempurna. Tapi sebaliknya, jika kita melakukan salah satu dari hal-hal di atas, maka sia-sialah puasa kita. memang puasa kita tidak batal, tapi kita tidak akan mendapatkan pahala apa-apa.
Pendek kata, kita harus mampu menahan diri agar tidak melakukan kelima hal di atas. Hati-hati menonton acara televisi yang berisikan tentang gosip atau hal-hal yang menyorot keburukan orang lain, karena itu termasuk ghibah.
Akhirnya, selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga kita mendapatkan berkah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar